DHANS BLOGS COMPUTER AND NETWORKS

Translate

Selasa, 01 Februari 2011

Hardware

Hardware atau perangkat keras adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang berpropesi di dalamnya, dan di bedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan intruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara firmware karena firmware ini adalah perangkat lunak yang dibuat ke dalam perangkat keras. firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer,yang jarang di kenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah dalam bentuk dekstop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
-Papan sistem/atau papan induk yang merupakan tempat CPU,memory dan bagian lainnya,dan memiliki slot untuk kartu tambahan
-Ram adalah tempat penyimpanan jangka pendek,sehingga komputer tidak selalu mengakses harddisk untuk mencari data.Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC.
-Busses:
-Bus PCI
-Bus ISA
-USB
-AGP
-CPU(Central processing unit)sebagai otak dan bagian utama komputer
-power supply adalah sebuah kotak yang merupakan tempat transpormer ,control voltase dan kipas.
-Pengontrol penyimpanan,dari jenis IDE,SCSI atau lainnya,yang mengontrol harddisk,flopy disk,CD-ROM dan drive lainnya;kontroler ini terletak di papan induk atas papan atau di kartu tambahan.
-Pengontrol penyimpanan video yang memproduksi output untuk komputer display.
-pengontrol komputer bus (pararel,serial USB,firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti seperti printer dan scaner
-beberapa jenis penyimpanan komputer:
-CD
-CD-ROM
-CD-RW
-CD-R
-DVD
-DVD-ROM
-DVD-RW
-DVD-R
Harddisk adalah madia penyimpanan jangka panjang
-Jaringan komputer adalah untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya
- Modem adalah media penyambung ke koneksi internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar